Harga Rotan Turun Tajam...

Di Desa Daerah Aliran Sungai (DAS) Mentaya, jenis sumberdaya alam unggulan Rotan, saat ini (juni 2013) harganya sedang terjun bebas. Untuk Rotan basah harga per KG-nya antara Rp 1.000 - Rp 1.600, tergantung jenis rotannya sendiri. Sedangkan untuk rotan asalan (kering) belum ada harga pasti (-/+ Rp 700.000-Rp 800.000/kuintal), karena para pengepul besar di daerah Sampit, Pelangsian, Kota Besi dan Cempaga tidak bisa membeli karena stok mereka bertumpuk di gudang.
harga rotan turun tajam
Menurut informasi, pengaruh Permendag No 35, 36, dan 37 Tahun 2011 tentang pelarangan ekspor rotan mulai terasa dan untuk sementara sebagian petani mulai menghentikan sejenak panen budidaya rotan. Petani, Pengumpul dan Pengepul rotan sekarang (sementara) sedang kesulitan untuk menjual hasil sda tersebut.
Disisi lain, melihat situasi ini, dengar pendapat terjadi di gedung DPRD Kotim, khususnya Komisi 2 membahas persoalan ini serta menghasilkan rekomendasi untuk pengaturan lalu lintas rotan yang akan disampaikan kepada Pemerintah.

1 komentar:

  1. harga rotan basah cuma 1600. kering sampai 8000 ?...jauh banget ya mas...apa emang butuh biaya banyak untuk pengeringan mas..aziz

    BalasHapus